Waktu Sholat Dhuha Terbaik, Doa Dhuha Lebih Mustajabah

 Waktu Sholat Dhuha Yang tepat dan Do'anya Mudah di Ijabah Oleh Allah SWT



Pukul berapa waktu sholat dhuha terbaik? Sehingga lebih utama, doanya dikabulkan Allah dan rezekinya lancar jaya. Berikut ini penjelasannya.

Sholat dhuha memiliki banyak keutamaan. Dua rakaat sholat dhuha sebanding dengan 360 sedekah. Empat rakaat dhuha, mendatangkan kecukupan rezeki sepanjang hari.

يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تُعْجِزْنِى مِنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ فِى أَوَّلِ نَهَارِكَ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad)

Waktu Sholat Dhuha

Waktu sholat dhuha terbentang sejak matahari naik hingga condong ke barat. Yakni sekitar 20 menit setelah matahari terbit hingga 15 menit sebelum masuk waktu zhuhur.

Adapun waktu yang lebih utama adalah seperempat siang. Di Arab, waktu itu ditandai dengan padang pasir terasa panas dan anak unta beranjak.

Bahwasanya Zaid bin Arqam melihat orang-orang mengerjakan shalat Dhuha (di awal pagi). Dia berkata, “Tidakkah mereka mengetahui bahwa shalat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Shalat orang-orang awwabin (taat; kembali pada Allah) adalah ketika anak unta mulai kepanasan’” (HR. Muslim)

أَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ رَأَى قَوْماً يُصَلُّونَ فِى مَسْجِدِ قُبَاءٍ مِنَ الضُّحَى فَقَالَ أَمَا لَقَدْ عَلِمُوا أَنَّ الصَّلاَةَ فِى غَيْرِ هَذِه السَّاعَةِ أَفْضَلُ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ إِنَّ صَلاَةَ الأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ

Zaid bin Arqam melihat orang-orang melaksanakan shalat Dhuha di masjid Quba. Ia lantas mengatakan, “Tidakkah mereka mengetahui bahwa shalat di selain waktu ini lebih utama. Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Shalat orang-orang awwabin adalah ketika anak unta mulai kepanasan’” (HR. Ahmad dan Baihaqi)

Dalam Fikih Manhaji Imam Syafi’i dijelaskan bahwa waktu sholat dhuha terbaik itu ditandai dengan padang pasir terasa panas dan anak unta beranjak.

Syaikh Musthafa Al Bugha dalam Nuzhatul Muttaqin menjelaskan: “Waktu sholat dhuha dimulai sejak matahari beranjak tinggi sampai matahari mendekati posisi tengah. Tapi, yang paling utama adalah saat matahari meninggi dan sudah terasa panas.”

Berdasarkan penjelasan itu, waktu sholat dhuha terbaik adalah sekitar pukul 9 WIB untuk DKI Jakarta, pukul 8.30 WIB untuk Surabaya. Untuk daerah lainnya, menyesuaikan.

Waktu Sholat Dhuha Terbaik

Ustadz Abdul Somad punya penjelasan tersendiri mengenai waktu sholat dhuha terbaik. Beliau menjelaskan bahwa waktu sholat dhuha terbentang sejak 12 menit setelah matahari terbit hingga 10 menit menjelang Zhuhur.

“Waktu matahari terbit disebut syuruq. Saat matahari terbit ini, jangan sholat dulu karena makruh. Bersamaan dengan tanduk setan. Kalau matahari sudah naik kira-kira satu tombak, itulah yang disebut dengan awal waktu dhuha. Para ahli astronomi mengukur, kira-kira 12 menit setelah matahari terbit. Jadi kalau matahari terbit jam 6:00, waktu dhuha dimulai jam 6:12,” kata alumni Universitas Al Azhar Kairo dan Universitas Darul Hadits Maroko ini.

“Kapan berakhirnya? Waktu dhuha berakhir 10 menit sebelum Zhuhur. Kalau waktu Zhuhur kita jam 12:02, berarti waktu dhuha berakhir pada pukul 11:52. Setelah itu jangan sholat sunnah karena makruh. Jadi waktu dhuha terbentang panjang sejak 12 menit setelah matahari terbit hingga 10 menit sebelum masuk waktu Zhuhur,” lanjut Ustadz Abdul Somad.

Beliau menambahkan, sholat dhuha menjelang Zhuhur, misalnya jam 11:00, maka itu termasuk waktu dhuha yang paling baik. Karena waktu sholat dhuha terbaik itu saat anak unta sudah merasakan panas kalau dia meletakkan perutnya di pasir, sudah kepanasan.

Berdoa di waktu itu, kata Ustadz Abdul Somad, merupakan waktu berdoa yang mustajabah. Lebih dikabulkan Allah. Karena pada saat itu tidak banyak orang yang berdoa, sedang sibuk dengan aktifitas pekerjaannya. “Berdoa saat jarang orang lain berdoa itu lebih mustajabah,” tandasnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA CEPAT CONVERT WORD 2007 KE 2010 Secara Offline Dan Online

BUKU ADMINISTRASI DESA TERBARU 2019

CARA KOMPRES UKURAN PDF SECARA ONLINE